Pengaruh Pembelajaran Moral Terhadap Budi Pekerti Anak Usia 5-6 Tahun Di TK As-Sakinah Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Khasanah, Putri Mauidhatul (2020) Pengaruh Pembelajaran Moral Terhadap Budi Pekerti Anak Usia 5-6 Tahun Di TK As-Sakinah Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I. pdf.pdf] Text
3. BAB I. pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (203kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Khasanah, Putri Mauidhatul. 2019. Pengaruh Pembelajaran Moral Terhadap Budi Pekerti Anak Usia 5-6 Tahun Di TK As-Sakinah Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Made Ayu Anggreni, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Moral, Budi Pekerti

Pada saat ini banyak orangtua bekerja, anak dititipkan ke orang lain atau tetangganya sehingga anak tersebut bermain di lingkungan yang bebas. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan sikap dan perilaku anak. Di TK As-Sakinah Ketegan Taman Sidoarjo, khususnya di kelompok perempuan, dengan 8 anak yang kurang berperilaku sopan dan santun, menjaga kebersihan diri dari lingkungan, menghormati (toleransi) agama orang lain, berperilaku sabar, mentaati aturan kelas. 2 anak yang sangat sopan dan santun, menjaga kebersihan diri dari lingkungan, menghormati (toleransi) agama orang lain, berperilaku sabar, mentaati aturan kelas.
Tujuan penelitian ini untuk menanggulangi masalah pendidikan budi pekerti anak usia dini melalui pembelajaran moral. Metode penelitian dengan desain sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi yang di analisis dengan menggunakan uji t, desainnya one group pretest-posttest.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam Pembelajaran Moral Terhadap Budi Pekerti Anak Usia 5-6 Tahun, perolehan skor rata-rata pre test 1,2, perolehan rata-rata post test 3,0 sehingga adanya peningkatan Budi Pekerti anak menjadi berkembang sangat baik. Nilai uji t 13,50 dengan tingkat signifikansi 5%, Terhitung 13,50 lebih besar dari tabel 1,83 dan tingkat signifikansi 1% terhitung 13,50 lebih besar dari tabel 2,82 H0 ditolak H1 diterima berari pembelajaran moral berpengaruh terhadap Budi Pekerti anak di TK As-Sakinah Ketegan Taman Sidoarjo Tahun 2019-2020. Kegiatan pembelajaran moral dan budi pekerti anak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran moral apat melatih dan mengembangkan sikap budi pekerti anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:53
Last Modified: 14 Nov 2022 03:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item
View Item