PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI DENGAN MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK KARUNIA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Zuroidah, Emy (2021) PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI DENGAN MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK KARUNIA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (730kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (43kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (142kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (818kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zuroidah Emy, 2021. Pengaruh Kegiatan Mewarnai dengan Media
Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak
Kelompok A TK Karunia Surabaya. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Imu
Kependidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2)
Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Mewarnai , Bahan
alam
Penelitian ini dilatar belakangi pada saat mewarnai, anak belum
bisa mewarnai dengan rapi atau tidak keluar garis pola gambar. Hal
tersebut diakibatkan kurangnya guru dalam memanfaatkan media di
lingkungan sekitar, sehingga anak hanya disediakan krayon untuk
kegiatan mewarnai serta kurang melatih motorik halus anak. Tujuan
yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh
Kegiatan Mewarnai dengan Media Bahan Alam Terhadap
Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A TK Karunia
Surabaya
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dalam klasifikasi pre eksperimen dengan menggunakan one group
pretest-posttest design. Subjek penelilitian adalah anak kelompok A
di TK Karunia Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan
menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta
dokumentasi. yang sesuai dengan judul penelitian Pengaruh Kegiatan
Mewarnai dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik
Halus Pada Anak Kelompok A TK Karunia Surabaya. Digunakan pretest dan post-test one group design dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil perhitugan menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa
t hitung (thit) 14,06 dan t tabel 1.76131 untuk taraf signifikan 0,05
taraf signifikansi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf signifikansi 0,01. Dari
hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t(hit) > t(tab), karena nilai t
tabel lebih kecil daripada nilai t hitung maka Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Kerja (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa
kegiatan mewarnai dengan media bahan alam berpengaruh terhadap
kemampuan motorik halus anak pada kelompok A TK Karunia
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:20
Last Modified: 11 Nov 2022 04:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item
View Item