PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI ANAK TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA DASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB/TK KARUNIA SURABAYA

Kurniawati, Frisca Sisila (2021) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI ANAK TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA DASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB/TK KARUNIA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan .pdf] Text
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (731kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran_.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Frisca S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video
Animasi Anak Terhadap Perkembangan Kosakata Anak
Usia 4-5 Tahun di KB/TK Karunia Surabaya. Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah, S.Psi.,
M.Pd.
Kata Kunci: video animasi, pembelajaran menyenangkan, kosakata
dasar.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang
pendidikan yang ditujukan kepada anak usia baru lahir sampai enam
tahun untuk memberikan persiapan tahap lanjutan yaitu pendidikan
dasar. Anak usia dini pada dasarnya akan mempelajari bahasa dengan
sendirinya melalui lingkungan sekitarnya. Dalam mengembangkan
aspek bahasa sangat penting terutama pada kosakata anak. Untuk
membantu memaksimalkan proses belajar dalam meningkatkan
kosakata anak, maka diera saat ini menggunakan media video
merupakan pilihan yang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ³Bagaimana
pengaruh penggunaan media video animasi anak terhadap
kemampuan kosakata dasar anak usia 4 ± 5 tahun pada pembelajaran
daring di KB/TK Karunia Surabaya". Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan media video animasi anak terhadap
perkembangan kosakata dasar anak usia 4 ± 5 tahun di KB/TK Karunia
Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain rancangan penelitian menggunakan pre-Experimental One
Group Pre-Test Post Test Design. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah murid KB/TK Karunia di Surabaya dengan
jumlah 15 anak yang berusia 4-5 tahun dengan anak laki-laki sebanyak
6 anak dan perempuan 9 anak. Dalam penelitian ini teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pretest, postest,
observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diolah dan
dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus T-Test.
Berdasarkan hasil dari analisis yang telah dilakukan, data
menunjukkan bahwa "Ada pengaruh penggunaan media video animasi
anak terhadap kemampuan kosakata dasar anak usia 4-5 tahun di
KB/TK Karunia Surabaya" yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis
dengan perhitungan Thitung = 18,33 lebih besar daripada Ttabel = 1,76
dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,76 dengan N = 15 yang berarti
hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi anak
berpengaruh terhadap kemampuan kosakata dasar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:02
Last Modified: 11 Nov 2022 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item
View Item