MISKONSEPSI SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MASALAH KONTEKS SERTA ALTERNATIF MENGATASINYA

Mukholifah, Anik (2019) MISKONSEPSI SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MASALAH KONTEKS SERTA ALTERNATIF MENGATASINYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (516kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I A5.pdf] Text
BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Mukholifah, Anik. 2019. Miskonsepsi Siswa dalam Memahami
Masalah Konteks serta Alternatif Mengatasinya. Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dra. Sri
Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci : miskonsepsi, masalah konteks, CRI, alternatif
mengatasi
Miskonsepsi merupakan penggunaan konsep yang salah dan tidak
sesuai dengan konsep yang telah diakui oleh para ahli. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi, mengetahui penyebab
miskonsepsi, serta mendeskripsikan alternatif mengatasi miskonsepsi
yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga subjek yang
memiliki miskonsepsi terbanyak. Miskonsepsi siswa pada penelitian
ini menggunakan tes diagnostik miskonsepsi dengan metode
Certainty of Response Index (CRI) dan dilanjutkan dengan
wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data, ketiga subjek mengalami
miskonsepsi yang hampir sama. Adapun penyebab miskonsepsi yang
terjadi pada subjek 1 dikarenakan kondisi siswa dan metode
mengajar dengan alternatif yang dapat diambil dalam mengatasi
miskonsepsi tersebut adalah dengan adanya perubahan konseptual,
strategi pembelajaran, dan penjelasan ulang. Penyebab miskonsepsi
pada subjek 2 dikarenakan kondisi siswa dan metode mengajar,
dengan alternatif yang dapat diambil adalah konflik kognitif, strategi
pembelajaran, dan penjelasan ulang. Sedangkan pada subjek 3 yang
menyebabkan subjek mengalami miskonsepsi adalah kondisi siswa
dan metode mengajar, dengan alternatif mengatasi miskonsepsi
tersebut dengan dilakukannya penjelasan ulang dan konflik kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:08
Last Modified: 25 Nov 2022 01:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item
View Item