PENGARUH BERMAIN PUZZLE HURUF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO

Badi, Veronika Fiani (2021) PENGARUH BERMAIN PUZZLE HURUF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (628kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (294kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (477kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.docx.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (819kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Veronika Fiani Badi, 2021. Pengaruh Bermain Puzzle Huruf
Terhadap Perkembangan Bahasa anak Usia 5-6
Tahun di TK Permata Hati.Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing:
Aisyah,S.Psi.,M.Pd
Kata Kunci: MediaPuzzle Huruf , Perkembangan Bahasa.
Penelitian membahasa tentang perkembangan bahasa
anak dengan menggunakan media puzzle huruf. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
bermain puzzle huruf terhadap perkembangan bahasa anak
usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk
mengetahui pengaruh bermain puzzle huruf terhadap
perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Permata
Hati Buduran Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif one group pre-test dan post-test design. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa TK B Permata Hati
Buduran Sidoarjo yang berjumlah 25 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian ini adalah t-hitung
Berdasarkan hasil analisis ditetapkan bahwa nilai uji
thitung (13,91) lebih besar dari ttabel (1.697) dengan taraf
signifikansi 0.05% dan 0.01%. karena nilai ttable lebih besar
dari pada nilai thitung maka Hipotesis Nol (HO) diterima,
sehingga Hipotesis Kerja (H1) ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional boy-boyan
tidak berpengaruh terhadap kemampuan gerak manipulatif
anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:30
Last Modified: 11 Nov 2022 04:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item
View Item