Dewi, Resa Santika (2020) PENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITASANAK KELOMPOK B TK MUTIARA BANGSA RUNGKUT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (554kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (56kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (116kB)
daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Dewi, Resa Santika. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Tk Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya. Skirpsi Progam Studi Penidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd.
Kata Kunci: kolase, kreativitas
Kolase dalam pengertian paling sederhana adalah penyususnan berbaga maca bahan pada sehelai kertas yang diatur. Anak-anak biasanya memilih dan mengatur potongan bentuk dari kertas, kain, dan bahan-bahan bertekstur, lalu meletakkannya di tempat yang mereka suka. Sebagai bagian dari pengalaman mereka dapat membuat keputusan sendiri tentang penggunaan warna, ukuran dan bentuk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase pada kemampuan kreativitas peserta didik kelompok B TK Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan one grup pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 32 peserta didik kelompok B TK Mutiara Bangsa Rungkut Surabaya. Data dikumpulkan dari hasil lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tabel dengan (df) = 31 adalah 1.69552 untuk taraf sangat signifikansi 0,05, dan 2.45282 untuk taraf sangat signifikansi 0,01. Nilai-nilai itu lebih kecil dari nilai t hitung. Sesuai dengan kriteria penerimaan atau penolakan Hipotesis Nol (H0), karena nilai t tabel lebih kecil daripada nilai t hitung maka Hipotesis Nol (H0) ditolak, sehingga Hipotesis Kerja (H1) diterima. Nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel pada kedua taraf signifikansi. Dengan demikian dapat dikatakan juga bahwa kegiatan kolase berpengaruh pada kemampuan kreativitas peserta didik kelompok B TK Mutiara Bangsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:38 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:48 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/122 |