PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B TK ANANDA BAMBE DRIYOREJO GRESIK TAHUN AJARAN 2019/2020

Putri, Nada Nadhifah Maskuri (2020) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B TK ANANDA BAMBE DRIYOREJO GRESIK TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (295kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (418kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Nada Nadhifah Maskuri. 2019. Pengaruh Pemainan
Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Motorik Kasar
Anak di TK Ananda. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Adi Buana Surabaya. Dengan Pembimbing :
Drs. Achmadi, M.Ed.
Kata Kunci: engklek, kemampuan motorik kasar, anak
Permainan tradisional menjadi salah satu solusi dalam permasalahan perilaku motorik kasar anak. Engklek menjadi salah satu permainan tradisional yang dapat mengembangkan motorik kasar anak, karena dalam permainan engklek ini anak menjadi senang, mudah dalam bermainnya, tidak membahayakan anak dan mudah di mainkan di lingkungan sekitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Ananda. Populasi dalam penelitian ini adalah dengan membagi dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan jumlah sampel 24 anak yang berumur 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif karena data-datanya berupa angka dengan menggunakan two group pretest posttest design. Dari hasil perhitungan data, dapat diketahui bahwa perkembangan motorik kasar anak setelah diberikan perlakuan atau tindakan dengan permainan tradisional engklek tidak memiliki pengaruh dengan peningkatan sebesar untuk kelompok eksperimen post-test 42,3 dengan skor awal kelompok eksperimen pre-test sebesar 27,5. Berdasarkan hasil pehitungan menggunakan SPSS v 20 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,276. Untuk nilai thitung sebesar 16,675. Artinya tidak ada pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Ananda Bambe Gresik Driorejo Tahun Ajaran 2019/2020.Dengan demikian, maka hipotesis diterima dan hipotesis kerja ditolak. Sehingga pengujian thitung membuktikan tidak ada pengaruh signifikan antara permainan tradisional engklek terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Ananda Bambe Driyorejo Gresik Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:45
Last Modified: 14 Nov 2022 04:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item