Nafrida, Nunung (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII-K SMP NEGERI 1 TAMAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (155kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (298kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kata kunci: Model Reciprocal Teaching, Aktivitas Siswa, Hasil
Belajar, Respon Siswa.
Dalam pembelajaran guru mempunyai peran menerapkan model
pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif. Namun,
beberapa guru masih menggunakan model pembelajaran
konvensional. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian
menggunakan model pembelajaranyang belum diterapkan, yaitu
model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas
siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan Bentuk
Aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif-kuantitatif dengan desain penelitian one case study. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-K SMP Negeri 1 Taman
Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon
siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis
data kuantitatif yang sudah ada.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas
siswa yang aktif adalah 93,75%. Hasil tes belajar siswa dapat dilihat
bahwa 29 siswa memperoleh skor di atas 75. Sehingga diperoleh
persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 85,29%, maka ketuntasan
kelas tercapai. Hasil angket respon siswa memperoleh persentase
sebesar 73,53% sehingga berdasarkan acuan respon, maka respon
siswa dapat dikatakan aktif. Berdasarkan uraian di atas penerapan
model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan
Bentuk Aljabar dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:22 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 01:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1245 |