Mas’arofah, Iin (2020) PENGARUH MEDIA BOLA-BOLA POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEPUH KLAGEN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (870kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (191kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (171kB)
8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Mas’arofah, Iin. 2020. Pengaruh Media Bola-Bola Pohon Angka
terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK
Dharma Wanita Persatuan Kepuh Klagen. Skripsi
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A. Fachrurrazi,
M.Pd.
Kata Kunci: Media Bola-Bola Pohon Angka, Kemampuan berhitung.
Media Bola-Bola Pohon Angka adalah alat permainan
edukatif buatan guru sendiri. Media ini dibuat dari bahan karton
tempat telur, bola-bola dari kapas (cotton) dan pohon yang
bertuliskan angka. Media ini dapat membantu daya pikir anak. Bolabola pohon angka dapat dipergunakan untuk memperkenalkan baik
konsep bilangan, lambang bilangan maupun operasi berhitung
dengan menggunakan pohon angka. Dengan media ini, dapat
mengembangkan kemampuan kognitifnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media bola-bola angka terhadap kemampuan berhitung
anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan KepuhKlagen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif dengan menggunaan rancangan One Group
Pretest-Postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 14
anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepuh Persatu Kepuh Klagen.
Data dikumpulkan dari hasil observasi tes kinerja, dengan instrument
lembar observasi kinerja. Teknik analisis data menggunakan rumus
uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung = 10 lebih besar
daripada nilai t tabel (1.77093) pada taraf signifikansi 0,05 dan
(2.65031) pada taraf signifikansi 0,01, maka Hipotesis Nol ditolak
sehingga Hipotesis Kerja diterima. Hal ini terbukti Hipotesis Kerja
dengan sangat signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
media bola-bola pohon angka berpengaruh sangat signifikan
vi
terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B TK Dharma
Wanita Persatuan KepuhKlagen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Admin Perpus ADI BUANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 05:03 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/127 |