Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Story Reading Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Tunas Bangsa Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

Nandria, Nurifatim (2020) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Story Reading Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Tunas Bangsa Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (285kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (420kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nandria, Nurifatim. 2019. Pengaruh Metode Bercerita Dengan
Menggunakan Media Story Reading Terhadap
Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di
Tk Tunas Bangsa Kelurahan Banyu Urip Kecamatan
Sawahan Kota Surabaya. Pendidikan Anak Usia
Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Drs. Achmadi, M.Ed.
Kata kunci : Metode Bercerita menggunakan Story Reading,
Kemampuan Bahasa.
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengangkat
pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan tidak hanya
memberikan pengetahuan saja kepada anak usia dini melainkan juga
mengasah kemampuan berbahasanya. Mengembangkan kemampuan
berbahasa dengan jalan memberikan metode cerita menggunakan
story reading. Anak akan berani dan percaya diri untuk bercerita di
depan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
perubahan kemampuan bahasa anak sebelum dan sesudah dibacakan
buku cerita.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Pre-Experimental dengan bentuk One Group Pretest Posttest
Design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 anak.
metode pengumpulan data yaitu observasi, unjuk kerja, dan
dokumentasi. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini
adalah teknik uji beda hasil pretest dan posttest (Uji t). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja dan
dokumentasi.
Adapun hasil analisis data diperoleh nilai thitung 11.38 dan
ttabel 1,729 dan 2,593. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut: thitung
> ttabel yaitu 1,729 > 2,593. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya
metode bercerita dengan menggunakan story reading berpengaruh
terhadap kemampuan bahasa anak usia dini kelompok b di tk tunas
bangsa kelurahan banyu urip kecamatan sawahan kota surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:24
Last Modified: 07 Dec 2022 03:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item
View Item