PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANDA CIPTA MENANGGAL II SURABAYA

Jenau, Olinda (2020) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK A DI TK AMANDA CIPTA MENANGGAL II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (96kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 5. Bab I.pdf] Text
5. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
10. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Jenau, Olinda. 2019. Pengaruh Metode Proyek Terhadap
Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A di TK Amanda
Cipta Menanggal II Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas
PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing Aisyah., S.Psi., M.
Pd.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Metode Proyek, dan Kerjasama
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa
kemampuam kerjasama saat ini telah banyak menurun pada sebagian
masarakat dan sekolah, khususnya pada anak usia dini. Anak lebih
mementingkan diri sendiri dalam melakukan kegiatan, serta
kurangnya rasa kepedulian terhadap teman, sehingga anak belum
bisa bekerjasama dengan temanya. Hal ini dikarenakan sebagian
besar pembelajaran di TK belum menggunakan metode yang sesuai
untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Guru lebih memilih
metode yang mudah dan tidak memerlukan banyak alat dalam
kegiatan, sehingga kerjasama anak belum berkembang secara
optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah
Metode Proyek Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kerjasama
Anak Kelompok A di TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya?”
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh met ode proyek terhadap kemampuan
kerjasama anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif Pre Eksperimental dengan desain “ the one goup pretest
posttest”.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 anak kelompok A
TK Amanda Cipta Menanggal II Surabaya yang terdiri dari siswa
laki-laki 11 anak dan siswi perempuan sebanyak 9 anak. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi dan
dokumentasi.
Hasil analisi menujukan bahwa hasil hitung uji t sig (0,000) <
0,05 berarti tidak ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan
kerjasama anak kelompok A di TK Amanda Cipta Menanggal II
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:48
Last Modified: 14 Nov 2022 08:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item