Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Kastolan Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika

Nurachma, Reta (2021) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Kastolan Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (316kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (314kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (966kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan siswa SMPN 21 Surabaya kelas VII-H dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan prosedur analisis kesalahan Kastolan. Prosedur kesalahan Kastolan terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep (KK), keslaahn prosedur (KP), dan kesalahan teknik (KT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian (essay) dengan jumlah 3 butir soal, sedangkan wawancara dilakukan dengan siswa terpilih yang melakukan kesalahan terbanyak guna mengetahui jenis kesalahan serta faktor penyebab yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Peneliti memilih 3 siswa untuk dijadikan subjek penelitian dari keseluruhan siswa SMPN 21 Surabaya kelas VII-H. Untuk mengetahui keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan cara membandingkan hasil lembar kerja siswa dengan wawancara. Pada penelitian ini, peneliti mengungkap bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian pertama mewakili siswa yang melakukan 4 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahn prosedur dan kesalahan teknik. Kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian kedua mewakili siswa yang melakukan 4 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan teknik. Serta subjek penelitian ketiga mewakili siswa yang melakukan 3 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prosedur.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Teori Kastolan, Soal Cerita Matematika, Faktor Penyebab Kesalahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:45
Last Modified: 14 Dec 2022 07:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item
View Item