Nurachma, Reta (2021) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Kastolan Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (316kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (118kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (314kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (966kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan serta faktor penyebab kesalahan siswa SMPN 21 Surabaya kelas VII-H dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan prosedur analisis kesalahan Kastolan. Prosedur kesalahan Kastolan terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep (KK), keslaahn prosedur (KP), dan kesalahan teknik (KT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian (essay) dengan jumlah 3 butir soal, sedangkan wawancara dilakukan dengan siswa terpilih yang melakukan kesalahan terbanyak guna mengetahui jenis kesalahan serta faktor penyebab yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Peneliti memilih 3 siswa untuk dijadikan subjek penelitian dari keseluruhan siswa SMPN 21 Surabaya kelas VII-H. Untuk mengetahui keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan cara membandingkan hasil lembar kerja siswa dengan wawancara. Pada penelitian ini, peneliti mengungkap bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian pertama mewakili siswa yang melakukan 4 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahn prosedur dan kesalahan teknik. Kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian kedua mewakili siswa yang melakukan 4 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan teknik. Serta subjek penelitian ketiga mewakili siswa yang melakukan 3 jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prosedur.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Teori Kastolan, Soal Cerita Matematika, Faktor Penyebab Kesalahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 06:45 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:49 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1375 |