Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Purwati, Ririn (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (160kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (99kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitaif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Adapun instrument dan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, Soal Tes Hasil Belajar, Angket Respon Siswa, dan Lembar Aktivitas Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas siswa dari 36 siswa Kelas X TBS 2 selama 2 pertemuan sebesar 86,1 % sehingga dapat dikategorikan aktif, 2) Respon siswa dari 36 siswa kelas X TBS 2 pada angket memiliki respon 83,3 % sehingga respon siswa di Kelas X TBS 2 pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh dapat dikatakan memiliki Respon Positif, 3) Ketuntasan hasil belajar siswa dari 36 siswa Kelas X TBS 2 terdapat 35 siswa mendapat skor ≥ 75 dan 1 siswa mendapat skor < 75 sehingga dapat dihitung tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 97,2 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan Sistem Jarak Jauh yaitu Aktivitas siswa dikategorikan Aktif, Respon siswa Positif, dan Hasil Belajar siswa dikatakan Tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement (STAD) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dapat dikatakan Efektif.
Kata Kunci : Efektifitas, Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:28
Last Modified: 19 Dec 2022 04:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item
View Item