Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Pada Materi SPLDV

Pransiska, Rifka (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Pada Materi SPLDV. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (252kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (373kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Siswa harus memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik karena merupakan salahan satu tujuan umum kurikulum matematika 2013. Jika siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, maka siswa akan memiliki kemampuan pemahaman masalah, menyusun, dan menerapkan penyelesaian masalah dengan baik, dan mampu membuat kesimpulan dengan benar dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Tetapi pada umumnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah apalagi yang berkaitan dengan soal cerita, salah satu penyebabnya hal ini dapat terjadi adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Hang Tuah 1 Surabaya. Subjek peneliti ini adalah 3 siswa kelas VIII_B SMP Hang Tuah 1 Surabaya denan kemampuan tinggi, kamampuan sedang, dan kemampuan rendah ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahanmasalah dan rekaman hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator langkah polya, sedangkan siswa yang berkemampuan sedang hanya mampu memenuhi 3 indikator langkah polya sampai tahap melakukan rencana pemecahan masalah, dan siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi 2 langkah polya sampai tahap membuat rencana pemecahan masalah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Teori Polya, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:02
Last Modified: 14 Dec 2022 07:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item
View Item