PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA

Oktavia, Dwi Irma (2019) PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (608kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Profil,Berpikir Kritis, Perbedaan Gender
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan gender
dalam berpikir kritis siswa terhadap suatu masalah atau soal
cerita. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan
masalah matematika ditinjau dari gender laki-laki dan ditinjau
dari gender perempuan”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan
masalah matematika ditinjau dari gender laki-laki, dan untuk
mengetahui profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan
masalah matematika ditinjau dari gender perempuan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa yang terdiri dari 2
siswa laki-laki, dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan
data penelitian ini menggunakan tektik tes tertulis dan tektik
wawancara. Tes yang digunakan peneliti ada 2 jenis yaitu
terdiri dari Tes Pemecahan Masalah untuk menentukan subjek
penelitian berdasarkan nilai yang sama dan Tes Berpikir Kritis
untuk memperoleh profil siswa, sedangkan wawancara
digunakan sebagai penguat data agar analisis yang dihasilkan
valid. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan
adalah hasil Tes Berpikir Kritis serta wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki sudah
mampu memenuhi semua ketiga indikator berpikir kritis yaitu
tahap memberikan penjelasan sederhana, tahap menyimpulan,
serta tahap menerapkan strategi dan taktik. Sedangkan subjek
perempuan hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir
kritis yaitu tahap menyimpulkan dan tahap menerapkan strategi
dan taktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:18
Last Modified: 28 Nov 2022 02:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item
View Item