Khulaifah, Riza (2021) Dampak Penerapan Metode Daring Dalam Mata Pelajaran PPKN Kelas VII Terhadap Aktivitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Sukodono. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (934kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (277kB)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (270kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Diakibatkan mewabahnya virus corona (Covid-19) hingga menyebabkan pandemi di Indonesia, secara langsung memaksa terjadinya revolusi dalam metode pembelajaran. Semula mayoritas tenaga pendidik yang masih menggunakan metode tatap muka di ruang kelas beralih untuk melakukan Aktivitas belajar mengajar jarak jauh dalam jaringan (daring) /online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh siswa selama melakukan aktivitas belajar dengan metode daring dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Variable bebas penelitian yaitu metode pembelajaran daring. Variabel terikat penelitian yaitu aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner, pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode statistik deskriptif. Standart nilai KKM mata pelajaran PPKn yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring berdampak positif terhadap Aktivitas belajar siswa. Rata-rata siswa menyatakan “Setuju” terhadap penerapan metode pembelajaran daring dengan mean sebesar 3,132. Hasil uji t menunjukkan bahwa t-stat (29,7993) > t-tabel (1,994) dan p-value (3,590E-42) < 0,05. Pembelajaran secara daring juga memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan perbandingan hasil pretest rata-rata sebesar 68,541 lebih rendah dari hasil postest rata-rata sebesar 79,333. Berdasarkan persentase hasil prestest, 65% mendapatkan nilai dibawah standar KKM. Sedangkan persentase hasil postest menunjukkan bahwa 100% siswa mendapatkan nilai diatas standar KKM.
Kata kunci : pandemi, daring, pembelajaran, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 03:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 03:50 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1459 |