PENGARUH PERMAINAN MEDIA KARPET ULAR TANGGA TEHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK AISIYAH 40 SURABAYA

SAFITRI, SINDY (2022) PENGARUH PERMAINAN MEDIA KARPET ULAR TANGGA TEHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK AISIYAH 40 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (846kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (274kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (256kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sindy Safitri 2022. Pengaruh permainan media karpet ular
tangga terhadap kemampuan motorik kasar anak usia
3-4 tahun di TK AISIYAH 40 Surabaya. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aisyah,
S.Psi., M.Pd.,
Kata Kunci : Media karpet ular tangga, Motorik kasar anak,
Anak Usia Dini
Anak usia dini berada pada masa keemasan, sehingga banyak aspek
yang harus dikembangkan. Aspek-aspek tersebut meliputi bahasa,
moral agama, seni, fisik motorik, kognitif dan sosial emosional.
Pengembangan fisik motorik terbagi menjadi dua yaitu motorik kasar
dan motorik halus. Gerakan motorik kasar membutuhkan koordinasi
kelompok otot-otot anak tertentu dan mengandalkan kematangan
dalam koordinasi. diperlukan media yang menyenangkan untuk anak
dalam mengembangkan gerakan motorik kasar. Salah satu media
yang menyenangkan untuk anak adalah media karpet ular tangga.
Gerakan yang dapat dilakukan dengan menggunakan media karpet
ular tangga adalah melompat dan berjalan. Karpet Ular Tangga
berukuran 3x3m terdiri dari 100 kotak dan menggunakan anak
sebagai “bidak”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Adakah pengaruh penggunaan media karpet ular tangga terhadap
perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 Tahun? Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Penelitian
dilaksanakan di TK Aisiyah 40 Surabya. Metode pengambilan data
menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Tujuan
penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi tentang pengaruh
permainan karpet ulartangga terhadap kemampuan motorik kasar
anak usia 3-4 tahun. Dalam pendekatan kuantitatif hakikat hubungan
diantara variable-variabel dianalisis dengan teori yang objektif.
Penilaian ini menggunakan deain one grup prettest-posttest. Dengan
tujuan untuk membandingkan antara keadaan sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan. Dari hasil penghitungan, maka diketahui bahwa
Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh media karpet ular tangga terhadap
kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di TK Aisiyah 40
surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:46
Last Modified: 16 Nov 2022 04:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item
View Item