PENGARUH MEDIA WORDLESS BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IV-9 SURABAYA

Aprilia, Retno Cindy Claudya (2022) PENGARUH MEDIA WORDLESS BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IV-9 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN..1.pdf] Text
HALAMAN DEPAN..1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (241kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (289kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (333kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (295kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aprilia, Retno Cindy Claudya. 2022. Pengaruh Media Wordless
Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B TK
Kartika IV-9 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogi dan
Psikologi Univeritas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: Wordless book, Kemampuan bercerita, Anak Usia Dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam
perkembangan bahasa anak usia dini. Pada usia 5-6 tahun rata-rata
anak masih belum mampu untuk mengembangkan kemampuan
bercerita. Mengingat kemampuan bahasa anak khusunya dalam
bercerita belum berkembang, yang perlu diperhatikan guru dalam
mendorong anak supaya dapat mengembangkan kemampuan bercerita
dengan meberikan dorongan dan perlakuan melalui media wordless
book. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita
anak sehingga dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kemampuan bercerita
anak kelompok B dengan menggunakan media wordless book.
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre
Eksperimental dengan jenis One Group Pretest-Postest Desaign.
Karena jenis penelitian menggunakan pretest dan postest untuk
membandingkan kemampuan sebelum diberikan perlakuan dan
sesudah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan ketika
sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.
Perbedaan ini terlihat ketika sesudah diberikan perlakuan
menggunakan media wordless book kemampuan bercerita anak telah
berkembang dengan baik. Dapat dilihat dari postest siswa bahwa
kelompok B sudah mampu mengembangkan kemampuan bercerita
secara optimal dan sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan
anak.
Hasil penelitian dapat merekomendasikan bahwa dalam
mengembangkan kemampuan bercerita anak dapat dilakukan dengan
memberikan perlakuan menggunakan media wordless book. Sehingga
anak dengan mudah menerima penyampaian cerita yang disampaikan
oleh guru. Mengembangkan imajinasi mereka dengan media wordless
book yang dapat merangsang kemampuan bercerita anak, sehingga
pembelajaran menjadi lebih menarik dan berkesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:17
Last Modified: 16 Nov 2022 08:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item
View Item