Kailupa, Ari Arselia (2022) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SINAR KASIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (593kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (152kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (297kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (156kB)
Abstract
Kailupa, Ari Arselia. 2022, Pengaruh Metode Bercerita
Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Paud
Sinar Kasih. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya dengan Pembimbing Aisyah S.psi.,M.pd
Kata Kunci : Metode Bercerita, kemampuan bahasa anak
Perkembangan bahasa anak usia dini adalah
perkembangan bahasa yang harus dimiliki anak sebagai salah
satu dari kemampuan dasar, yang sesuai dengan tahapan usia
dan karateristik perkembangannya. Kemampuan berbahasa
lisan di sekolah Paud Sinar Kasih pada anak usia 4 -5 tahun
masih rendah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa anak secara lisan dan
secara khusus mengetahui seberapa besar kemampuan
berbahasa lisan melalui penerapan atau penggunaan metode
bercerita.
Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Paud Sinar Kasih
pada anak usia 4-5 tahun, subyek dalam penelitian ini sejumlah
37 peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 22 lakilaki. Penelitian dilakukan dengan cara observasi atau
melakukan pengamatan terhadap kemampuan berbahasa anak
dengan pengambilan data menggunakan lembar pengamatan
dan tehnik pengumpulan data.
Metode penelitian Yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu menggunakan metode observasi dan berdasarkan
Rumusan masalah yang ada dan Tujuan penelitian yang telah
diketahui dengan hasil Analisis data yang di hitung
menggunakan SPSS dengan hasil yang menunjukan bahwa
nilai T hitung = 40,691 lebih besar dari T tabel = 2,030 dengan
taraf Signifikan = 0,05 yang berarti Hipotesis nihil (H0) ditolak
dan Hipotesis kerja (H1) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari
hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa metode
bercerita jika dilakukan berulang-ulang maka dapat melatih
konsentrasi anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasa
melalui menyimak dan mengungkapkan perasaan atau
imajinasi melalui lisan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:22 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:22 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1500 |