Halimah, Nur (2022) IMPLEMENTASI METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS I SDN GAYUNGAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (656kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (6kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (156kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (65kB)
Abstract
Halimah, Nur. 2022. Implementasi Metode Make A Match Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Tunagrahita di Kelas 1 SDN Gayungan Surabaya.
Program Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Padagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) M. N. Jauhari,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Drs. Sambira Mambela, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Metode Make a Match, Hasil Belajar, Tunagrahita
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar mata pelajaran
matematika dalam materi pengenalan bilangan pada siswa tunagrahita. Terlihat dari
cara siswa mengenal dan memahami bilangan masih kurang atau belum memenuhi
kriteria para guru dari hasil belajar yang ditargetkan. Tujuan yang ingin dicapai
pada penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pembelajaran make a match
dalam meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita kelas 1 di SDN Gayungan
Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kuantitatif. Subjek adalah siswa kelas 1 di SDN Gayungan Surabaya dengan jumlah
6 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan
menggunakan teknik tes. Menggunakan metode analisis dalam bentuk presentase.
Dari hasil obseravsi pada kegiatan prasiklus dan siklus II terjadi peningkatan
dalam hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pada kegiatan prasiklus terhadap siklus I
adalah 40,3 dengan tingkat ketuntasan 50%. Nilai rata-rata siklus I terhadap
prasiklus adalah 80,3 dengan tingkat ketuntasan 100%.
Dengan demikian kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Make
a Match telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam mengusai materi
mengenal dan mengamati bilangan asli dari 1-50 khususnya pada siswa
Tunagrahita kelas 1 SDN Gayungan Surabaya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Khusus (PKh) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 04:43 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 04:43 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1510 |