PERAN GURU BK DALAM IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MASA PANDEMI SMPN 2 GRESIK

Purwitasari, Maharani (2022) PERAN GURU BK DALAM IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MASA PANDEMI SMPN 2 GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (512kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (251kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (229kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purwitasari, Maharani. 2021. Peran Guru BK dalam Implementasi
Layanan Bimbingan Belajar Masa Pandemi SMPN 2 Gresik.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Drs. Sutijono, MM (2) Maghfirotul Lathifah,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, Implementasi
Bimbingan Belajar
Bimbingan Belajar adalah aktivitas manusia secara sadar untuk
mendapatkan perubahan tingkah laku, kemampuan, keterampilan
maupun sikap dalam dirinya ke arah yang lebih baik sebagai hasil dari
pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan cara
guru BK mengimplementasikan layanan bimbingan belajar dalam
mengajar sebagai upaya meningkatkan belajar siswa pada saat mengikuti
pembelajaran secara daring. Populasi dalam penelitian ini seban yak 96
siswa dan 2 guru bimbingan dan konseling serta sampel dalam penelitian
ini 2 guru bimbingan dan konseling, dan 6 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yai menggunakan angket untuk
siswa dan wawancara kepada guru bimbingan dan konseling. Kemudian
setelah data yang dibutuhkan sudah didapat, peneliti menganalisis data
hasil dengan melakukan pengamatan hasil, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu dengan
guru melakukan tindakan yang berupa pendekatan dan komunikasi dapat
meningkatkan belajar siswa contohnya dengan guru BK memberikan
layanan bimbingan belajar tetap mendapatkan informasi meskipun di
masa pandemi ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab melalui
via grup Whatsapp. Dengan begitu siswa menjadi tidak mudah merasa
jenuh saat mengikuti pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:21
Last Modified: 18 Nov 2022 08:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item
View Item