STRATEGI PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PERUSAHAAN KITCHEN SET DI SIDOARJO

ABDILLAH, NANDA (2021) STRATEGI PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PERUSAHAAN KITCHEN SET DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (254kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pemilihan supplier merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas
pembelian bagi perusahaan. Pemilihan supplier merupakan masalah multi kriteria
yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Salah satu metode yang bisa
digunakan untuk pemilihan supplier adalah metode AHP (Analytical Hierarchy
Process). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Kitchen Set di Sidoarjo. Data
yang diambil di perusahaan kitchen ini adalah supplier bahan baku dan data diambil
dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2020. Dalam penelitian ini yang merupakan
variable terikat adalah strategi pemilihan supplier bahan baku. Dalam penelitian ini
variabel bebas adalah harga, kualitas dan layanan. Dari hasil matrikhirarki dan
evaluasi didapatkan nilai masing-masing kreteria pemilihan supplier dengan
peringkat alternatif supplier A dengan nilai 0.385 dan presentase 38.50%, supplier
B dengan nilai 0.132 dan 13.20%, supplier C dengan nilai 0.049 dan 4.90%,
supplier D dengan nilai 0.027 dan 2.70 %, supplier E dengan nilai 0.038 dan 3.80%.
Sedangkan nilai pertingkat kreteria harga 0.565 dengan presentase 59.65%, nilai
kualitas 0.218 dengan presentase 21.80%, nilai layanan 0.112 dengan presentase
11.20% dan nilai jarak 0.025 dengan presentase 2.5%. Pada barisan prioritas
supplier adalah supplier A (38.50%), supplier B (13.20%), supplier C (4.90%),
supplier E (3.80%), dan terakhir supplier D (2.70%). Penelitihan ini membuktikan
bahwa Hipotesis 1 (H1) adalah benar. Bahwa kriteria harga, kualitas, layanan, dan
jarak mempengaruhi pemilihan Supplier dan menentukan Supplier terbaik. Kriteria
yang paling berpengaruh adalah kriteria harga yaitu dengan presentase sebesar
59.65% dan Supplier yang terpilih adalah Supplier A dengan presentase sebesar
38.50%.
Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, Supplier, Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:43
Last Modified: 17 Nov 2022 03:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item