PENGEMBANGAN MEDIA PORI (PODCAST RUANG BICARA) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA

Larasati, Indri Novia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PORI (PODCAST RUANG BICARA) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (449kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (125kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (122kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Larasati Novia, Indri. 2022. Pengembangan Media PORI (Podcast Ruang Bicara) dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dr. Muwakhidah, M.Pd.
Kata Kunci: self esteem, bimbingan kelompok, pengembangan media.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya urgensi permasalahan yang dirasakan remaja SMA yang menunjukkan tingkat self esteem yang rendah. Bertujuan menghasilkan panduan media podcast guna meningkatkan self esteem siswa SMA. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah produk yang layak digunakan sebagai media dalam ranah bimbingan dan konseling serta dapat diterima maupun diaplikasikan dalam layanan BK yang sebelumnya telah melalui tahapan uji ahli dan uji calon pengguna.
Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) prosedur Borg and Gall. Prosedur tersebut memuat tiga langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk media, dan uji produk. Pada tahap uji produk dilakukan uji ahli dan uji calon pengguna. Pengumpulan data menggunakan angket akseptabilitas sebagai penilaian produk media serta angket self esteem sebagai penilaian untuk siswa. Teknik analisis data menggunakan inter-rater-agreement model sebagai data kuantitatif sedangkan data deskriptif berupa kritik, saran, masukan pada uji ahli dan uji calon pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan media PORI memenuhi kriteria ketepatan, kegunaan, kelayakan melalui uji ahli dan uji calon pengguna. Namun penelitian ini berhenti pada tahap calon pengguna tidak sampai pada kelompok terbatas. Rata-rata yang diperoleh melalui uji ahli media dan isi yaitu 1 artinya media ini akseptabilitas nya sangat baik dan berterima secara teoritik. Hasil uji calon pengguna pada 60 responden siswa SMA memiliki kategori tinggi dengan nilai 80% dari 48 responden, kategori sedang 18,3% dari 11 responden, dan kategori rendah 1,6% dari 1 responden. Maka dapat disimpulkan bahwa media PORI berterima dalam meningkatkan self esteem siswa SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:04
Last Modified: 21 Nov 2022 04:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item
View Item