PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP PROKRASTINASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA Dr. SOETOMO SURABAYA

NELASARI (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP PROKRASTINASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (321kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (32kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (120kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (139kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nelasari. 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Terhadap Prokrastinasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya. Bimbingan Dan Konseling Fakultas Pedagogi Dan Psikolog. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembinbing (1) Dr. Jahju Hartanti, M. Psi.
Kata Kunci: Prokratinasi, Konseling Kelompok, Teknik Penguatan Positif
Penelitian ini bertujuan untuk menguji konseling kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap prokrastinasi belajar siswa kelas XI di SMA Dr. Soetomo Surabaya. Prokrastinasi merupakan suatu kegagalan yang dialami siswa yang dilakukan secara sengaja sehingga mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut terjadi karena siswa melakukan kegiatan lain selain pengerjakan tugas. Permasalahan tersebut muncul karena siswa sering merasa cape dan malas sehingga tidak dapat mengatur waktunya dengan baik. Oleh karena itu, konselor memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik penguatan positif untuk mengetahui masalah yang dialami siswa sehingga terjadi prokrastinasi atau penundaan pengerjaan tugas. Konseling kelompok merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh konselor untuk saling bertukar pikiran antar konselor dengan konseli atau konseli dengan konseli. Sedangkan penguatan positif merupakan suatu pembentukan tingkah laku dengan memberikan punishment positif untuk mendapatkan tingkah laku yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini mengguakan sampel 6 orang siswa yang diberikan treatment selama 7 kali pertemuan sehingga mendapatkan perubahan yang signifikan dalam diri siswa. Berdasarkan hasil pre test dan post test yang menggunakan uji Wilcoxon menunjukan bahwa terdapat suatu penurunan pada prokrastinasi belajar siswa yang dimana pre test memperoleh mean 121,38 sedangkan post test memperoleh mean 88. Berdasarkan hasil analisis data Z sebesar -2.201 dan signifikannya diperoleh 0.028 yang menunjukan bahwa Ha diterima karena signifikansinya = P < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap prokrastinasi belajar siswa kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:18
Last Modified: 21 Nov 2022 04:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item
View Item