Zahro, Aulia Fahreza (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA DI SMP DARUL MUTA’ALLIMIN TAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (575kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (76kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (152kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (88kB)
Abstract
Zahro, Aulia Fahreza. 2022. Efektivitas Layanan Informasi Berbasis Media Animasi Terhadap Resiliensi Akademik Siswa di SMP Darul Muta’allimin Taman. Program Studi Bimbingdan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: layanan informasi, media animasi, resiliensi akademik
Resiliensi akademik adalah salah satu hal yang dimiliki individu untuk bertahan dari tekanan, ancaman maupun sesuatu yang tidak menguntungkan yang terjadi di dalam pendidikan. Masih banyak ditemui di lapangan adanya siswa yang memiliki resiliensi akademik rendah salah satunya ada di SMP Darul Muta’allimin Taman melalui wawancara dengan guru BK di sekolah tersebut menunjukkan terdapat siswa mengabaikan waktu untuk mengerjakan tugas, menunda mengerjakan tugas, kadang-kadang tidak menguasai materi setelah pelajaran selesai, mengeluh terlalu banyak tugas, memiliki emosi yang tidak stabil, mudah tersinggung dan tidak tertarik dengan penjelasan yang diberikan. Apabila hal tersebut tidak segera ditindak lanjuti kemungkinan akan ada dampak negatif yang muncul.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis media animasi terhadap resiliensi akademik siswa di SMP Darul Muta’allimin Taman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang ada di kelas VII A SMP Darul Muta’allimin Taman dengan jumlah 28 siswa. Peneliti merencakan pengambilan sampel sesuai dengan hasil data pre-test yang memili resiliensi akademik kategori rendah yang diketahui hasilnya adalah 8 siswa. Untuk menentukan dari populasi ke sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan desain adalah one group pretes-post-test design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistika non parametrik pada SPSS for windows versi 26.0 dengan teknik Uji Wilcoxon.
Hasil analisis data perhitungan di peroleh Asymp. Sig. = 0,012. Oleh karena nilai Asymp. Sig. (0,012) < (0.05) maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya terdapat perbedaan skor terhadap resiliensi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan informasi berbasis media animasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya media animasi dalam layanan informasi efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas VII-A SMP Darul Muta’allimin Taman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:46 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:46 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1571 |