ERINA, SANDRA (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FPP UNIPA SURABAYA ANGKATAN 2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (762kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (157kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (318kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (435kB)
Abstract
Erina, Sandra. 2022. Hubungan Antara Self-Esteem Dan Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa FPP Unipa Surabaya Angkatan 2020. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli Pravesti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Self-Esteem, Self-Efficacy, Prokrastinasi Akademik
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara self-esteem dan self-efficacy dengan perilaku prokrastinasi Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Angkatan 2020. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah desain korelasional yang bertujuan untuk memprediksi nilai-nilai dan model pengaruh hubungan antar variabel. metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tiga instrumen skala. Adapun sampel penelitian ini mengambil taraf 25% dari populasi ialah 117 Mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji heteroskedatisitas dan uji multikolinieritas. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara self-efficacy dan self-esteem memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan yaitu -0,045 dan 0,659. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-esteem dengan prokrastinasi akademik, yaitu 0,260 dan 0,000. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik, yaitu 0.248 dan 0,000. Terdapat pengaruh simultan antara self-esteem dan self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik secara positif dan signifikan, dimana nilai Fhitung sebesar 13.413 > nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,08 dan signifikansi 0,000 > 0,05, yang artinya variabel Self-Esteem dan Self-Efficacy berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Self-efficacy dan self-esteem menyumbang sebesar 19,0% pengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 08:14 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 08:14 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1581 |