EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SURABAYA

ATIKAH, JIHAN FAIRUZ (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (510kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (74kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (148kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Atikah, Jihan Fairuz. 2022. Efektivitas Teknik Role playing Dalam
Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 5 Surabaya. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Aniek Wirastania,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bullying, Role playing, Bimbingan Kelompok
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di
kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya yang menunjukkan perilaku
bullying tinggi. Rumusan masalah yaitu apakah bimbingan kelompok
dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan pemahaman
perilaku bullying peserta didik. Tujuan penelitian untuk memperoleh
bukti empiris mengenai efektivitas teknik role playing terhadap
perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Instrument pada penelitian ini
menggunakan skala pengukuran perilaku bullying siswa. Rancangan
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one grup pre-test
post-test design, yang diberikan kepada 10 orang siswa kelas VIII-H
yang mendapatkan skor perilaku bullying tinggi. Teknik sampel yang
diambil menggunakan teknik purposive sampling.Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis non parametik
dengan menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku
bullying peserta didik. Skala perilaku bullying siswa sebelum diberi
perlakuan dengan teknik role playing dalam bimbingan kelompok
berada pada skor 101,1 dan setelah diberi perlakuan dengan teknik
role playing pada bimbingan kelompok diperoleh skor 56. Hasil
interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig
(2-tailed) bernilai 0,005. Karena nilai 0,005 lebih kecil dari < 0,05,
maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hal terserbut menunjukkan bahwa terdapat efektivitas
teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan
perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:33
Last Modified: 22 Nov 2022 02:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item
View Item