Arista, Nifatus Bela (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP BURNOUT STUDY SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 MENGANTI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (13kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (143kB)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (522kB)
Abstract
Arista, Nifatus Bela. 2022.Efektivitas Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik
Role Playing Terhadap Burnout Study Siswa Kelas Xi Ips
4 Sma Negeri 1 Menganti Gresik. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi Dan
Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Burnout Study ,Bimbingan Kelompok Teknik Role
Playing
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena
yang ada di kelas XI SMAN 1 Menganti yang menunjukkan
tingkat burnout study yang tinggi. Rumusan masalah yaitu
bagaimana efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik role
playing dalam menurunkan burnout study peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris
mengenai efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik role
playing dalam menurunkan burnout study ppeserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian pre-eksperimental bentuk one group
pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik
kelas XI IPS 4 SMAN 1 Menganti, dan sebagai sampelnya
adalah 8 siswa kelas XI yang memiliki tingkat burout study
yang tinggi. Teknik sampel yang diambil dengan teknik
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
angket burnout study. Teknik analisis data yang digunakan
yakni analisis statistik non parametrik dengan menggunakan
Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan
burnout study pada peserta didik. Tingkat burnout study peserta
didik sebelum diberi perlakukan berupa layanan bimbingan
kelompok teknik role playing berada pada kategori tinggi
dengan skor rata-rata sebesar 92 , dan setelah diberi perlakukan berupa layanan bimbingan kelompok teknik permainan role
playing masuk dalam kategori rendah dengan skor rata-rata
48,4.. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui
bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,012. Karena nilai 0,012
lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima. Adanya pengaruh signifikan layanan
bimbingan kelompok teknik Role Playing Terhadap Burnout
Study Siswa Kelas XI IPS 4 Sma Negeri 1 Menganti Gresik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:43 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1589 |