PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO

Asrori, Fakhrul (2022) PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (669kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (144kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (229kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Asrori, Fakhrul. 2022. Penggunaan Teknik Self-Management
Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan
Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs.
Roudlotul Banat Sidoarjo. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Pedagogi Dan Psikologi, Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembiming: Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci: Teknik self-management, Bimbingan kelompok,
Kemandirian belajar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikasi penggunaan
strategi Self-Management dalam bimbingan kelompok untuk
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII MTs.
Roudlotul Banat Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan One Group
Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian ini adalah 8 peserta
didik kelas VIII-A yang memiliki kemandirian belajar rendah. Data
penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala pengukuran
yang telah dilakukan uji validitas isi diperoleh nilai sebesar 0,00-
0,05, dan reliabilitas Alpha Cronbach yaitu 0,869. Hasil analisis
data dengan menggunakan teknik analisis uji Wilcoxon diperoleh
nilai uji T sebesar 0.068 yang artinya tidak signifikan. Berdasrkan
hasil analisis data disimpulkan bahwa “Penggunaan Teknik SelfManagement dalam Bimbingan Kelompok” secara signifikan tidak
dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:06
Last Modified: 22 Nov 2022 03:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item
View Item