EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA ITP SURABAYA

Milenina, Cinta Nur (2022) EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA ITP SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (517kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Milenina, Cinta Nur. 2022. Efektifitas Layanan Konseling Kelompok
Realita Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa
Kelas XI SMA ITP Surabaya. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli Pravesti, S.Pd.,
M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Realita, Prokrastinasi Akademik
Prokrastinasi akademik dapat diartikan sebagai perilaku
menunda-nunda pekerjaan tugas sekolah, sehingga dapat
menimbulkan efek yang negatif bagi individu. Konseling kelompok
merupakan hubungan interpersonal yang dinamis antara konselor
dengan antar konseli dan fokus pada pemecahan masalah bersama.
Tujuan penelitian ini adalah mampu mereduksi prokrastinasi
akademik siswa menggunakan konseling kelompok realita. Penelitian
ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design (eksperimen
semu) dengan Nonequivalent Control Group Design dan dibantu
menggunakan alat ukur skala prokrastinasi akademik. Pada penelitian
ini pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.
Adapun sampel dari penelitian terdiri dari 10 siswa SMA ITP
Surabaya dan dibagi menjadi dua kelompok, 5 siswa untuk kelompok
eksperimen dan 5 siswa untuk kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan pada
tingkat prokrastinasi akademik kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Hasil Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa Asymp Sig. (2-
tailed) bernilai 0,009 lebih kecil dari ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara hasil
prokrastinasi akademik siswa untuk pre-test dan post-test. Analisis
data menggunakan program SPSS 26.0 for windows. Hipotesis
penelitian ini berbunyi “Penggunaan Konseling Kelompok Realita
Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA ITP
Surabaya”. Dengan demikian penggunaan konseling kelompok realita
dapat digunakan untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas
XI SMA ITP Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:58
Last Modified: 22 Nov 2022 03:58
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item
View Item