PERAN GURU BK DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM BK KOMPREHENSIF SELAMA PANDEMI DI SMP NEGERI 22 SURABAYA

Alabid, Ridho Asyafat (2022) PERAN GURU BK DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM BK KOMPREHENSIF SELAMA PANDEMI DI SMP NEGERI 22 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN-1.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (170kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (313kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (566kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Alabid, Ridho A., 2022. Peran Guru BK Dalam Implementasi Program BK Komprehensif Selama Pandemi Di SMP Negeri 22 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Pembimbing (1) Drs. Sutijono, MM. Dan Pembimbing (2) Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru BK, Program BK Komprehensif Selama Masa Pandemi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh covid-19, yang membuat pembelajaran dan pelaksanaan program BK komprehensif berubah dari yang awalnya tatap muka atau luring menjadi dalam jaringan atau daring. Hal tersebut tentunya membuat guru dan siswa harus beradaptasi karena menimbulkan problematika baru yang muncul dalam pembelajaran ataupun pelaksanaan program BK komprehensif berupa kurangnya sopan santun dan etika saat pembelajaran, kurangnya pemahaman dan informasi lanjutan mengenai jenjang karir dan pendidikan lanjutan, serta kurangnya pengekspresian siswa terhadap hal yang diminati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, instrumen yang digunakan berupa observasi, kuisioner, wawancara secara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Surabaya dengan sampel penelitian sebanyak 57 siswa dan 3 guru BK. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah pelaksanaan program BK komprehensif selama masa transisi covid-19 di SMP Negeri 22 Surabaya telah berjalan dengan baik namun dengan beberapa catatan untuk meningkatkan kualitas program BK komprehensif kedepanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:46
Last Modified: 23 Nov 2022 01:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item
View Item