HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMA NEGERI 1 WRINGINANOM GRESIK

Salsabilla, Rizka (2022) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMA NEGERI 1 WRINGINANOM GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (456kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (34kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (110kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (97kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Salsabilla, Rizka. 2022 Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Wringinanom Gresik. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar, S.Psi., M.Si. Pembimbing (2) Dimas Ardika Miftah Farid., S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Siswa
Fenomena yang terjadi pada saat ini masih terdapat banyak komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa lainya masih belum berjalan dengan baik. Sebagai contoh tidak efektifnya komunikasi terjadi saat murid merasa tidak nyaman untuk melakukan komunikasi dengan guru maupun dengan teman teman yang lainya tidak adanya komunikasi maka guru tidak bisa mengajar secara efektif di dalam kelas. Maka tidak ada motivasi belajar untuk siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal siswa dengan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X dan XI dengan jumlah 100 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengukuran dengan menggunakan kuesioner komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa. Menggunakan metode analisis data statistik dengan rumusan yang digunakan adalah pearson product moment yang sesuai dengan judul penelitian. Peneliti melakukan analisis korelasi pearson dengan menggunakan aplikasi SPSS statistics 26 for PC untuk melihat apakah ada hubungan antara kecemasan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Wringinanom Gresik. Pada tabel korelasi menunjukkan bahwa analisis korelasi antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa diperoleh dengan hasil r 0,107 dan p 0,288 ( 0,288 >0,05) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:07
Last Modified: 23 Nov 2022 02:07
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item
View Item