IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI DI SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA

Khayati, Nur (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI DI SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (836kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (154kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (571kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (392kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Khayati, Nur. 2022. Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Video Animasi Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Saat Pandemi Di Sma Wachid Hasyim 5 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas Adi Buana Surabaya, Pembimbing I Drs. Sutijono, MM. Pembimbing II Maghfiroh Latifah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Layanan bimbingan Kelompok, video animasi, tanggung jawab belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi saat ini yaitu pandemi yang mengharuskan pembelajaran disekolah dilakukan secara daring, yang memberikan dampak pada siswa dalam menurunnya tanggung jawab belajar. Tanggung jawab belajar adalah kewajiban untuk menyelesaikan tugas yang telah diterima secara tuntas melalui usaha yang maksimal serta berani menanggung segala akibatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental yang menggunakan one group pre-test post-test design. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel terikat (layanan bimbingan kelompok dengan video animasi) dan variabel bebas (Tanggung jawab belajar). Populasi penelitian ini kelas XII MIPA 3, SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 siswa-siswi yang memiliki skor tanggung jawab belajar yang rendah. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan treatment. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas XII MIPA 3 di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:14
Last Modified: 23 Nov 2022 02:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item
View Item