PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION DAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA YANG MEMPUNYAI GAYA KOGNITIF BERBEDA DI SMP HANG TUAH I SURABAYA

RAHMAWATI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION DAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA YANG MEMPUNYAI GAYA KOGNITIF BERBEDA DI SMP HANG TUAH I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (153kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (96kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahmawati. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran
Cooperative Grup Investigasion (GI) dan Jigsaw Terhadap
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Yang Mempunyai Gaya
Kognitif Berbeda di SMP Hang Tuah I Surabaya. Skripsi
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya Pembimbing I: Dr I Wayan Arsana, M.Pd,
dan Pembimbing II: Drs. A Qomaru Zaami, M.Pd
Kata Kunci:Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperatif Grup
Investigasion (GI) dan Jigsaw,Aktivitas Belajar Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses
pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik (teacher centered).
Sekarang ini masih banyakp endidik yang menganut para digma
bahwa pendidik menganggapd alam proses pembelajaran itu adalah
kegiatan mentransfe rilmu dari pendidik ke peserta didik. Pendidik
biasanya mengajar dengan metode ceramah, dan mengharapkan
peserta didik duduk, diam, dengar, catat, danhafal, sehingga peserta
didik jadi bosan. Alur proses belajar mengajar tidak harus dari
pendidik ke peserta didik, peserta didik bias juga saling mengajar
dengan sesama peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Adakah
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Grup
Investigasion (GI) dan Jigsaw Terhadap Peningkatan Aktivitas
Belajar Siswa Yang Mempunyai Gaya Kognitif Berbeda di SMP
Hang Tuah I Surabaya?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui
pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Grup
Investigasion (GI) dan Jigsaw Terhadap Peningkatan Aktivitas
Belajar Siswa Yang Mempunyai Gaya Kognitif Berbeda di SMP
Hang Tuah I Surabaya.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rumus uji t. Kelas yang digunkan untuk penelitian adalah kelas VII, yang terdiri dari 45
peserta didik.
Dari analisis data diketahui bahwa SMP Hang Tuah I
Surabaya sudah menerapkan model pembelajaran
CooperatifGrupInvestigasion (GI) dan Jigsawdengan sangat baik.
Berdasarkan data hasil observasi dalam pembelajaran menunjukkan
rata-rata persentase 92% yang dikategorikan sangat baik. Dapat
disimpulkan bahwa Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran
Cooperative Grup Investigasion (GI) dan Jigsaw Terhadap
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Yang Mempunyai Gaya
Kognitif Berbeda di SMP Hang Tuah I Surabaya dilaksanakan
dengan baik. Sedangkan Partisipasi peserta didik dalam Metode
Pembelajaran Cooperative Grup Investigasion (GI) dan Jigsaw
Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Yang Mempunyai
Gaya Kognitif Berbeda di SMP Hang Tuah I Surabaya menunjukkan
bahwa 45 peserta didik memperoleh rata-rata 88,34. Masing-masing
peserta didik memperoleh nilai memenuhi standart kriteria
ketuntasan belajar minimal (KKM) 70-75 sesuai dengan tabel 4.7
tentang rekapitulasiobservasiAktivitasbelajarsiswa sehingga hasil
Metode Cooperative Grup Investigation (GI) peserta didik dalam
penelitian ini dapat dikatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:54
Last Modified: 23 Nov 2022 04:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item
View Item