Suryanto, Adi (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SQ4R DAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMAN DITINJAU DARI KREATIVITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (804kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (512kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (213kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Suryanto, Adi. 2020. Pengaruh Penggunaan Model SQ4R dan PBL
Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VIII SMP Negeri 1
Taman Ditinjau dari Kreativitas. Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. A. Qomaru Zaman, M.Pd dan Suhartono,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: SQ4R, PBL, Hasil Belajar, Kreativitas
Penelitian ini membahas penggunaan model pembelajaran
yang ditinjau dari segi kreativitas siswa yang kurang dipahami oleh
sebagian guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar
di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model SQ4R dan PBL terhadap hasil belajar
PKn kelas VIII SMP Negeri 1 Taman ditinjau dari kreativitas.
Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental
dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel
dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok eksperimen yang
berjumlah 66 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster
sampling. Pengambilan data menggunakan tes dan angket serta
teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Analysis of Variance
Two Way dengan tingkat signifikan (α) 0,05.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah (1)
Adanya pengaruh penggunaan model SQ4R dan PBL terhadap hasil
belajar, ditunjukkan dengan p-value 0,005 < 0,05 (2) Ada pengaruh
yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar dengan hasil pvalue 0,037 < 0,05 (3) Interaksi antara model dengan kreativitas
terhadap hasil belajar dengan p-value sebesar 0,667 > 0,05 sehingga
tidak ada pengaruh yang signifikan antara model dengan kreativitas
terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 09:03 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1650 |