KADEGE, MARIANA (2019) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP HANG TUAH I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (253kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (129kB)
Abstract
Kadege, Mariana. 2018. Pengaruh Keterampilan Bertanya
guru dalam pembelajaran PPKn Terhadap
kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang
Tuah I Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Atnuri.
SH., M.Pd dan Pembimbing II: Dra Bernadetta
Budi Lestari. M. Si.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan
bahwa proses pembelajaran cenderung berpusat pada
pendidik (teacher centred). Sekarang ini masih banyak
pendidik yang berpandangan bahwa proses pembelajaran
atau suatu kegiatan mentransfer ilmu oleh pendidik kepada
siswa
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan Keterampilan Bertanya guru
Dalam mengembangkan kedisiplinan belajar Siswa Kelas
VIII Smp Hang Tuah I Surabaya. Adakah pengaruh
keterampilan bertanya guru terhadap kedisiplinan siswa
kelas VIII SMP Hang Tuah I Surabaya dan apakah guru
tersebut menerapkan keterampilan bertanya. Tujuannya
adalah Untuk mengetahui penerapan dan pengaruh
Keterampilan Bertanya guru Dalam mengembangkan
kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp Hang Tuah I
Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan
Instrumen berupa lembar observasi lembar dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitiannya ini
adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.
Berdasarkan analisis uji normalitas, kelas
eksperimen memperoleh analisis sig. 0,244 > 0,05 yang
artinya pengaruh keterampilan bertanya guru berdistribusi
normal sedangkan kelas kontrol memperoleh sig. 0,000 >
00,5 yang artinya kedisiplinan belajar siswa berdistribusi
tidak normal. Dalam uji homogenitas kedua kelas tersebut
memperoleh nilai 0,230 > 0,05 yang artinya kedua kelas
tersebut homogen. Sedangkan hasil nilai uji-t menunjukan
bahwa nilai t hitung adalah 2552 dan t tabel adalah 2552
sehingga t hitung < t tabel sehingga diperoleh nilai sig 0,13
dan nilai sig < 0,05 yang menyatakan Ho diterima yang
artinya ada pengaruh Keterampilan Bertanya guru Dalam
mengembangkan kedisiplinan belajar Siswa Kelas VIII Smp
Hang Tuah I Surabaya.
Kata Kunci: Keterampilan bertanya guru dan kedisiplinan
belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 03:38 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 03:40 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1657 |