PENGARUH MEDIA TANGGAMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SATUAN PANJANG BAKU KELAS 4 SDN SEDATI GEDE 02 SIDOARJO

Wulandari, Eka Ayu Putri (2020) PENGARUH MEDIA TANGGAMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SATUAN PANJANG BAKU KELAS 4 SDN SEDATI GEDE 02 SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN FIX.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (376kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Tanggamatika dan Hasil Belajar
Penelitian ini yakni tentang pengaruh media tanggamatika
terhadap hasil belajar pada materi satuan panjang baku kelas 4 di
SDN Sedati Gede 02 Sidoarjo pada tanggal 29 Oktober sampai 11
Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
bagaimana pengaruh media tanggamatika terhadap hasil belajar
peserta didik pada materi satuan panjang baku kelas 4.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan “ Nonequivalent Control Group
Design” yaitu penelitian yang menggunakan dua kelas. Penelitian ini
menggunakan Posttest-Only Control Group. Pada desain ini
kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara
random. Pemilihan kelompok sampel melalui pertimbangan nilai
PTS. Kelompok dengan nilai teratas dijadikan kelas eksperimen,
sedangkan kelompok dengan nilai dibawahnya dijadikan kelompok
kontrol. Populasi yang digunakan adalah kelas 4 dengan sampel
penelitian kelas 4B sebagai kelas eksperimen dan kelas 4C sebagai
kelas kontrol.
Berdasarkan dari hasil analisis data observasi aktivitas
pendidik dan observasi aktivitas peserta didik. Hasil analisis data
observasi tersebut menunjukkan kategori “Sangat Baik” pada kelas
eksperimen. Dibuktikan dengan hasil observasi peserta didik yang
menghasilkan presentase sebanyak 91,6 % dan 93,8 % bagi observasi
pendidik. Berdasarkan analisis dan pembahasan terhadap hasil
penelitian, diperoleh hasil uji-t dari hasil belajar kelas eksperimen
v
maupun kelas kontrol, didapatkan nilai thitung sebesar 5,25 dan ttabel
sebesar 2,4 dengan dk = 48 dan taraf signifikan 5 %. Maka dapat
dinyatakan bahwa hasil belajar kelas yang diberi perlakuan lebih
baik dari pada hasil belajar kelas yang tidak diberi perlakuan.
Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan media tanggamatika
pada materi satuan panjang baku kelas 4 SDN Sedati Gede 02
Sidoarjo yang dilihat dalam aktivitas pendidik dan peserta didik
dirasa cukup efektif digunakan dan terdapat pengaruh media
tanggamatika terhadap hasil belajar pada materi satuan panjang baku
kelas 4 SDN Sedati Gede 02 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:16
Last Modified: 20 Dec 2022 13:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item
View Item