KORELASI TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PEMAHAMAN CERITA PADA SISWA KELAS 2 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA

Azizah, Farah Dina Nur (2020) KORELASI TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PEMAHAMAN CERITA PADA SISWA KELAS 2 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (346kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (39kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (55kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (376kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: korelasi, kemampuan membaca permulaan, pemahaman
cerita
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan
antara tingkat kemampuan membaca permulaan dengan pemahaman
cerita pada siswa kelas 2 SDN Ngagel Rejo I Surabaya, dengan
responden berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilatar belakangi
dengan adanya permasalah siswa di bidang membaca, sehingga
membuat siswa kesulitan dalam memahami sebuah cerita.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes membaca
sebuah cerita dan soal untuk mengukur pemahaman isi cerita.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif,
dengan populasi penelitian yaitu kelas 2 sebanyak empat kelas
paralel, untuk mengambil sampel menggunakan teknik sampel
purposive.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus
korelasi Rank Spearman dengan bantuan spss statistic versi 25 for
windows. Data yang diperoleh menunjukkan nilai rhitung atau
koefisien korelasi sebesar 0,908 dan nilai rtabel sebesar 0,478 yang
menunjukkan bahwa nilai rhitung ≥ rtabel. Sehingga data tingkat
kemampuan membaca permulaan memiliki hubungan dengan
pemahaman cerita. Koefisien korelasi yang memiliki nilai positif,
menunjukkan bahwa hubungan yang dimilikinya searah. Dapat
dikatakan jika kemampuan membaca permulaan meningkat, maka
pemahaman cerita pada siswa juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:23
Last Modified: 21 Dec 2022 04:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item
View Item