PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PAPAN SIGAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

PUTRI, APRILIA KARTIKA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PAPAN SIGAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (123kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (127kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,
media papan SIGAR, hasil belajar IPA
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dalam
pembelajaran seperti adanya siswa yang kurang kooperatif
dan kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya. Hal ini
diperparah dengan pembahasan materi dalam kurikulum 2013
yang terkesan hanya sekilas yang mengakibatkan siswa
kurang memahami materi secara menyeluruh. Dengan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media
pembelajaran yang menarik yaitu media papan SIGAR
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa yang dalam
pembelajarannya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi
dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar dapat
ditingkatkan secara maksimal.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan tipe Nonequivalent Group Design dengan
menggunakan teknik sampel Random Sampling. Sampel
penelitian yaitu siswa kelas V-B 30 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas V-C 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.
Penelitian ini menghasilkan data uji validasi RPP diperoleh
skor 4,5, uji validasi media diperoleh skor 4,04, uji validasi
tes hasil belajar diperoleh skor 4,5, uji validasi lembar
observasi siswa memperoleh skor dari validator 4,5,
dinyatakan layak dapat digunakan. Hasil data yang diperoleh
dari kegiatan observasi siswa skor 3,57 memperoleh kriteria
sangat baik. Setelah penelitian dilakukan uji normalitas pada
kelas eksperimen memperoleh hasil x2
hitung = -27,41 ≤ x2
tabel =
11,1 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh x2
hitung = -20,5 ≤
x
2
tabel = 11,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua data
tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya yaitu uji
homogenitas, setelah dihitung diperoleh hasil Fhitung = 1,064 ≤
Ftabel = 1,86 maka data tersebut termasuk data yang homogen.
Kemudian setelah uji prasyarat dilakukan uji-t . Uji-t yang
dilakukan memperoleh hasil thitung = 4,36 dan ttabel = 2,1.
Maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan
Ha diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media papan
SIGAR terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN Sedatigede
II Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:30
Last Modified: 22 Dec 2022 11:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item