PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PINTAR (PAPENTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS ll DI SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO

HERDIYANTI, DINNY JUSTIKA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PINTAR (PAPENTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS ll DI SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (561kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (218kB)
[thumbnail of 3. BAB l.pdf] Text
3. BAB l.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Papan
Penjumlahan dan Pengurangan Pintar (PAPENTAR),
Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan Pengaruh Penerapan
Model Discovery Learning Berbantuan Papan Penjumlahan dan
Pengurangan Pintar (PAPENTAR) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas II di SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. Peneliti ini
dilatar belakangi oleh penerapan model disovery learning, akan
menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar
mengajar dan akan membuat peserta didik akan lebih aktif, kreatif
serta akan menumbuhkan pengetahuan pada peserta didik kelas II
dalam menemukan sebuah konsep. Rancangan penelitian yang
digunakan ialah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest–
Only Control Design.
Variabel bebasnya adalah model discovery learning
berbantuan media papentar dan variabel terikat adalah hasil belajar.
Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas II di SDN
Keboan Anom Gedangan Sidoarjo dengan sampel penelitian peserta
didik kelas II–D sebagai kelas eksperimen dan kelas II–A sebagai
kelas kontrol. Model discovery learning diukur menggunakan rubrik
penilaian discovery learning. Instrumen tes terlebih dahulu diuji
validitas. Data diambil pada saat posttest. Uji hipotesis menggunakan
uji–t dengan taraf signifikasi 0,05 (a < 0,05). Hasil penelitian
menunjukkan model pembelajaran berpengaruh penerapan model
iii
discovery learning berbantuan papan penjumlahan dan pengurangan
pintar (PAPENTAR) terhadap hasil belajar siswa kelas II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:43
Last Modified: 24 Nov 2022 07:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1665

Actions (login required)

View Item
View Item