PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SKALA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA

Putri, Friska Alfianita Efendi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SKALA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (733kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share, kemampuan berpikir kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan berpikir
kritis siswa pada saat pembelajaran yang masih rendah. Hal ini terjadi
dikarenakan dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru kurang
memperhatikan model pembelajaran yang mengarah pada
kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu guru dituntut untuk
mampu menggunakan dan menerapkan model pembelajaran yang
sesuai. Salah satu,,model pembelajaran yang diusulkan penulis untuk
mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe think pair share (TPS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model
kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada materi skala kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dan
(2) aktivitas siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dalam
melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control
design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
kemampuan berpikir kritis dan observasi aktivitas siswa. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan lembar tes dan lembar observasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji t dengan berbantu program SPSS 16.0.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap
kemampuan berpikir kritis siwa pada materi skala kelas V SD Hang
vi
Tuah 10 Juanda. Hal ini dikarenakan nilai rata-rata tes pada kelas
eksperimen tidak sama dengan nilai rata-rata tes pada kelas kontrol.
Sedangkan aktivitas siswa mendapatkan skor 3 yang masuk dalam
kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:01
Last Modified: 24 Nov 2022 07:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item
View Item