PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP SIKAP GOTONG ROYONG SISWA KELAS IX SMPN 3 KRIAN

Muliati, Fransiska (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP SIKAP GOTONG ROYONG SISWA KELAS IX SMPN 3 KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN PDF.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (824kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (252kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (215kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (807kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Muliati, Fransiska. 2019. Pengaruh Pengelolaan Kelas dalam
Pembelajaran PPKn terhadap Sikap Gotong Royong Siswa
Kelas IX SMPN 3 Krian. Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing I: Drs. H. Atnuri. SH., M.Pd dan Pembimbing
II: Dra Bernadetta Budi Lestari. M. Si.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Sikap Gotong Royong
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa
pendidikan karakter siswa di sekolah pada proses pembelajaran
berlangsung sangat diperlukan sehingga dapat menanamkan berbagai
kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa agar bersikap dan bertindak
sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
penerapan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap
sikap gotong royong siswa kelas IX SMPN 3 Krian dan adakah
pengaruh pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap
sikap gotong royong siswa kelas IX SMPN 3 Krian. Tujuannya
adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh pengelolaan kelas
dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap gotong royong siswa
kelas IX SMPN 3 Krian. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan angket. Adapun teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik
diferensial.
Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan pengelolaan kelas
dalam pembelarajan PPKn berjalan dengan baik dan ada pengaruh
pengelolaan kelas yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa.
vii
ABSTRACT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:25
Last Modified: 24 Nov 2022 06:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item
View Item