PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI

DEFI, SOFIANA (2020) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (550kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (305kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Pembelajaran IPS
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemilihan model
pembelajaran yang kurang menarik perhatian peserta didik serta
banyaknya materi yang menuntut peserta didik untuk
menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
keterlaksanaan model make a match pada aktivitas pendidik dan
peserta didik dalam pembelajaran IPS serta mendeskripskan hasil
belajar dari penerapan model make a match.
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Sampel yang digunakan
adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Belahantengah Mojosari
yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis
data yang dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase .
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model
pembelajaran make a match diketahui bahwa aktivitas pendidik
termasuk kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik termasuk
kriteria samgat baik, serta untuk ketuntasan hasil belajar
mendapatkan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:03
Last Modified: 22 Dec 2022 11:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item
View Item