PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BAGIAN TUBUH HEWAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA TAHUN AJARAN 2019-2020

GUNAWAN, RIZAL INDRA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BAGIAN TUBUH HEWAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (917kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (308kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah kurangnya model-model pembelajaran
yang diterapkan di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui
keterlaksanaan pendidik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran snowball
throwing, mengetahui keterlaksanaan peserta didik dalam pembelajaran dengan model
pembelajaran snowball throwing dan mengetahui adakah pengaruh model snowball
throwing terhadap hasil belajar, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan bentuk quasi eksperimental control grup design, menggunakan teknik sampel
cluster sampling. Hasil uji validasi perangkat lembar validasi RPP diperoleh rerata 3,75
berkategori sangat baik, lembar validasi observasi pendidik diperoleh rerata 3,6 dan
observasi peserta didik diperoleh rerata 3.69 berkategori sangat baik, sedangkan hasil
validasi tes hasil belajar diperoleh rerata 3.48 berkategori sangat baik dan dapat
dilaksanakan pengambilan data dalam penelitian. Setelah penelitian, dilakukan uji
homogenitas yang diperoleh nilai sig 0,61 > 0,05 yang berarti data homogen, uji
normalitas pada kelas control nilai yang diperoleh sebesar sig 0,056 dan normalitas
kelas eksperimen diperoleh sebesar sig 0,057 maka disimpulkan ber-distribusi normal.
Nilai rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78 lebih tinggi dibandingkan
kelas control yaitui sebesar 61. Uji t-test diperoleh sig 0,000 atau kurang dari < 0,05
yang berarti H0 ditolak.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:12
Last Modified: 22 Dec 2022 11:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item
View Item