PENGARUH TEKNIK DUA POLA PIKIRMATEMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA

Setiono, Refiana Putricipta (2020) PENGARUH TEKNIK DUA POLA PIKIRMATEMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (541kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (95kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (117kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (650kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: teknik dua pola pikir matematika, keterampilan
menulis, teks laporan hasil observasi
Dua pola pikir matematika merupakan beberapa dari empat pola
pikir matematika yang diintegrasikan dalam teknik menulis teks
laporan hasil observasi. Empat pola pikir matematika merupakan
teknik menulis terbaru yang dicetuskan oleh Ayu Utami. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik
dua pola pikir matematika terhadap keterampilan menulis teks
laporan hasil observasi siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain penelitian eksperimen, yaitu quasi experimental posttest-only
design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai
kelompok kontrol dan IVB sebagai kelompok eksperimen.
Hasil analisis data uji T menunjukkan bahwa nilai thitung yang
diperoleh sebesar 9,860, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi
5% dengan derajat kebebasan sebesar 37 diperoleh sebesar 2,0262.
Hal ini menunjukkan thitung (10,794) > ttabel (2,0262), sehingga
hipotesis diterima. Penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik dua
pola pikir matematika berpengaruh terhadap keterampilan menulis
teks laporan hasil observasi siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal
1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:06
Last Modified: 20 Dec 2022 14:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item
View Item