Kogoya, Irinus (2020) STRATEGI GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA DI SMA ITP SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (515kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (153kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (332kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kogoya, Irinus2019.Strategi Guru PPKn dalam Pembentukan
Karakter Religius Siswa Melalui Sila KetuhananYang Maha
Esa.Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
:Dr.Suhari., S.H., M.Si.
Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Sila Ketuhanan
Dalam dunia pendidikan, pembentukan karakter utamanya
karakter religius menjadi salah satu faktor yang terpenting. Siswa
perlu diajarkan dan dibentuk karakternya sehingga dapat
berpengaruh positif terhadap lingkungannya. Dengan demikian perlu
strategi guru dalam membentuk karakter siswa yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan
karakter religius siswa berdasarkan sila Ketuhanan YME di SMA
ITP Surabaya.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tiga
fokus penelitian yang terdiri dari: (1) Bentuk pendidikan karakter
religius melaluisilaketuhananyangmaha esa, (2) Peran sekolah dan
strategi guru ppkn dalam membentuk karakter religius siswa (3)
Pelaksanaanpengembangan nilai religious dalam pendidikan karakter
melalui sila ketuhanan yang maha esa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMA ITP Surabaya dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitiatif. Adapun teknik pengumpulan data dari
penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada: (1) berbagai
bentuk Pengajaran diantaranya:Keteladanan, menentukan prioritas,
praksis prioritas,refleksi.(2) Strategi guru diantaranya membudayakan 5S, memberikan contoh,memberikan Motivasi dan
Informasi,berdoa dikelas, menyisipkan nilai karakterreligius pada
mapel, membangun komunikasi, membiasakan beribadah, kegiatan
spontan dan rutin serta (3) Pelaksanaan Pengembangan nilai religius
dalam pendidikan karakter melalui sila Ketuhanan yang Maha Esa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:14 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:14 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1690 |