Mauliddiah, Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 36 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (300kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (311kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (196kB)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (661kB)
Abstract
Eka, M. L. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas VIII SMPN 36 Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Atnuri,
SH., M.Pd., dan Dra. Bernadetta Budi Lestari, M.Si.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), berbasis 4C
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pengembangan kurikulum 2013 melalui model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Kurikulum 2013 sudah diterapkan pada jenjang pendidikan dari SD
hingga SMA. Model pembelajaran berbasis pendidikan karakter
sangat ditekankan dalam kegiatan pembelajaran, terutama mengenai
karakter pada peserta didik seperti Model Pembelajaran Problem
Based Learning berbasis 4C.
Permasalahan yang diteliti yaitu mengenai 1) Adakah
pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
berbasis 4C terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN
36 Surabaya.
Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui penerapan
Pembelajaran Kepatuhan Terhadap Hukum Dengan Model Problem
Based Learning (PBL) berbasis 4C Terhadap Peserta didik kelas VIII
di SMPN 36 Surabaya.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only
Control Group Design. Sampel yang digunakan peneliti kelas VIII-A
dan VIII-B. Kelas eksperimen adalah kelas VIII-B yang mendapat
perlakuan mengajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual
dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis 4C.
Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII-A yang mendapatkan
perlakuan mengajar dengan pendekatan yang konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:30 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1697 |