KORELASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SD KELAS 5 MATERI FPB DAN KPK

Alfianah, Rista (2020) KORELASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SD KELAS 5 MATERI FPB DAN KPK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (52kB)
[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (165kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (60kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Literasi Numerasi, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Literasi numerasi adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap
individu untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Dalam
penyelesaian masalah dibutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang baik
dan runtut. Kemampuan numerasi menjadi prasyarat dalam pemecahan
masalah soal matematika. Hasil tes matematika yang diselenggarakan oleh
PISA 2018 menunjukkan skor negara Indonesia kurang memuaskan.
Indonesia berada pada peringkat 6 dari bawah. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan literasi numerasi
dengan kemampuan pemecahan masalah siswa SD kelas 5 materi FPB dan
KPK.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini
merupakan penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas 5 SDN Kebondalem tahun ajaran 2019/2020. Teknik sampling
yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan
tes. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Uji
prasyarat yang dibutuhkan yakni uji normalitas dan uji linieritas. Analisis
penelitian ini dibantu dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat korelasi antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan
pemecahan masalah materi FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:38
Last Modified: 26 Dec 2022 15:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item
View Item