ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Siswanto, Fatimah Ayu Dinaningtyas (2020) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan-dikonversi.pdf] Text
1. Halaman Depan-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (478kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (81kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran-dikonversi.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : keterampilan berpikir kritis, soal cerita, gaya belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan
berpikir kritis siswa sekolah dasar dan untuk memperoleh gambaran
proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi FPB dan KPK berdasarkan gaya belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVD berjumlah 23 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil 3
responden yaitu kelompok tinngi, sedang dan rendah dari masingmasing gaya belajar. Pengelompokan didasarkan pada tes
keterampilan berpikir kritis dan angket gaya belajar.
Hasil penelitian yang ditemukan (1) Proses keterampilan
berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual dari kelompok tinggi
menunjukkan bahwa subjek melewati semua tahap dari proses
keterampilan berpikir kritis. (2) Proses keterampilan berpikir kritis
siswa dengan gaya belajar visual dari kelompok sedang
menunjukkan bahwa subjek melalui semua tahap keterampilan
berpikir kritis pada soal nomor 1 dan pada soal nomor 2 untuk tahap
strategi dan taktik serta inferensi penyelesaian atau hasil akhir dari
jawabannya salah. (3) Proses keterampilan berpikir kritis siswa
dengan gaya belajar visual dari kelompok rendah menunjukkan
bahwa subjek belum melewati semua tahap dari proses keterampilan
berpikir kritis. (4) Proses berpikir kritis siswa dengan gaya belajar
auditori dari kelompok tinggi menunjukkan bahwa subjek melewati
semua tahap dari proses keterampilan berpikir kritis. (5) Proses
keterampilan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori dari
kelompok sedang menunjukkan bahwa subjek melalui tahap
klarifikasi, strategi dan taktik, serta assessment. (6) Proses
keterampilan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori dari
vi
kelompok rendah menunjukkan bahwa subjek hanya mampu
melewati tahap klarifikasi. (7) Proses keterampilan berpikir kritis
siswa dengan gaya belajar kinestetik dari kelompok sedang
menunjukkan bahwa subjek melewati tahap klarifikasi namun pada
salah satu soal subjek juga dapat melewati tahap strategi dan taktik
serta inferensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:58
Last Modified: 26 Dec 2022 15:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item
View Item