Sari, Tita Nanda (2020) KEEFEKTIFAN TEKNIK MEMBACA KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (331kB)
2. Abstrak pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (89kB)
3. BAB I pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (178kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Membaca, Teknik Membaca,
Membaca Kreatif.
Membaca adalah faktor penting untuk mendukung prestasi
siswa, tetapi kualitas membaca di sekolah dasar relatif rendah.
Melalui membaca seseorang dapat menemukan informasi dan pesan
penting. Teknik membaca adalah salah satu strategi dalam membaca
yang bertujuan agar pembaca memperoleh informasi dalam suatu
bacaan. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam membaca
adalah teknik membaca kreatif. Membaca kreatif adalah
keterampilan membaca yang dilakukan seseorang melalui beberapa
proses untuk mendapatkan nilai tambah dari informasi yang mereka
baca.
Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naratif. Data
diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi hasil, dan hasil
tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas IV B
SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Analisis data menggunakan
model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah semua siswa kelas IV B SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya yang mengikuti proses pembelajaran
membaca pemahaman menggunakan teknik kreatif di kelas hasilnya
cukup efektif. Siswa telah menunjukkan perilaku aktif dan antusias
selama proses belajar membaca berlangsung. Kendala yang dialami
selama pembelajaran adalah ada beberapa siswa yang tidak bermain
perhatian dan fokus belajar, dan tidak dapat dipahami oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 07:12 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 15:33 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1748 |